Mengenal Beladiri Kempo

logo-kempo Sapa yang pada tahu apa tau Kempo ? Gua aja gak tahu dulunya apa, sekarang ya udah dong, hehehehe. Kempo yang dikenal Shorinji Kempo merupakan salah satu cabang Beladiri yang Memiliki teknik yang sangat komplek. Kempo merupakan beladiri yang murni hanya beladiri. Kenapa disebut demikian ?

Kempo sangat jarang ditemukan dalam event-event multieven internasional seperti Olimpiade, Asian Games maupun SEA Games dan kejuaran dimanapun didunia ini. Kalo pun ada, hanya atu-atu. Prinsipnya beladiri ini memang mengembangkan bagaimana seseorang bertahan dan menghargai orang lain. Dominan murid kempo tidak diperbolehkan berkelahi jika keadaan tidak mendesak. Dari materi yang ada pada kempo, diajarkan bagaimana menghindari serangan orang lain, Kecuali Pistol brooo… Wkkkkk. Jadi harus menghindari serangan dahulu baru boleh menyerang.

Sejarahnya Kempo sendiri sebenarnya dimulai dari India ketika Pendeta Budha bernama Dharma Taishi yang ingin menyebarluaskan ajaran agama Budha di negeri itu. Namun, karena banyak ancaman fisik ia mempelajari semacam silat India (Indo Kempo). Pindah ke Cina, Indo Kempo ini diserap oleh Shaolin (orang Jepang bilang Shorinji Kempo). Karena berkembang pesat di masyarakat Cina, sehingga para pengikut Dharma Taishi ini menjadi incaran para penjajah dan akhirnya dibunuh.

Sebagian yang lolos mengajarkan kepada para pedagang di Okinawa, Taiwan dan Muangthai.

Apa yang menarik dari Kempo ini ?

Kempo menggabungkan dua teknik utama, Goho (memukul, menendang dan menangkis) dan Juho (teknik lunak seperti kuncian). Setiap murid Kempo memiliki kelebihan masing-masing. Bagi sebagian murid kempo yang lebih menguasai Teknik Goho mereka mengajar mengajarkan teknik di beberapa negara. Di Muangthai berkembang menjadi Thai Boxing dan di Okinawa melahirkan seni beladiri Okinawate yang kemudian dikenal dengan nama Karate. Sementara yang menguasai Teknik Juho melahirkan lagi beladiri lain seperti Ju Jitsu, Aikido dan Judo. Kesimpulannya, bahwa seorang kenshi (murid) kempo memiliki semua kemampuan dari beladiri diatas. Woooow..

Nah sebuah cerita yang sungguh menarik bukan ? Mungkin bagi yang mendalami beladiri selain Kempo tidak setuju dengan pendapat ini. Yah terserah yang membaca deh…. Cerita ini bukan saya yang mengarang, tapi dari buku sejarah kempo yang ada di Kuil Shorinji Kempo di Jepang. Hal ini terjadi ketika saya belum lahir, hehehehe. Mau gak mau, percaya gak percaya, saya tetap percaya cerita yang disampaikan oleh Guru (sensei) Kempo Saya.

Oke kita lanjutkan lagi. Barulah Shorinji Kempo yang asli di didirikan di kota Tadutsu Provinsi Kagawa, Jepang, oleh Sho Dosin. Seorang pemuda Jepang yang di tahun 1928 lari dari induk pasukannya dan mengembara ke daratan Cina selama 17 tahun, yang tentunya mendalami Kempo.

Tags: ,

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.