Cara Mengatasi Galat Error Saat Mengganti Template

galat-error-bx Permasalahan yang banyak terjadi bagi pengguna blogger.com adalah seringnya muncul kode galat error pada saat penggantian template. Saya sendiri juga sering menemukan hal ini. Berkali-kali mengganti template tetapi selalu saja bikin kesal. Akhirnya template yang diidam-idamkan tidak dapat digunakan. Kenapa permasalahan ini bisa terjadi ? Saya juga belum tahu. Berbagai referensi sudah ditelusuri, tetapi kok nggak ketemu juga ya. Apa saya yang bego ya tuk mencari kesalahan tersebut. :)

Tetapi yang membuat saya aneh lagi, adalah ketika teman saya minta pilihkan template bagus. Saya pilih template yang sudah saya coba sebelumnya. Tapi setelah dicoba, looooooo kok muncul galat error ? Padahal kemarin tidak ada seperti ini. Makin jadi tanda tanya neh.

Akhirnya saya putuskan melakukan blogwalking lagi dengan menggunakan paman google, dan akhirnya saya menemukan apa yang selama ini dicari oleh para blogger. Cara ini emang gampang-gampang susah, karena kita menggunakan prinsip “Try and Error”.

Jadi bila anda mendapatkan Kesalahan BX-xxxxx pada saat mencoba untuk meng-upload template dari blogger, seperti code galat berikut :

  • bx-bliced
  • bX-ev85ll
  • bX-39cc9q
  • bX-y6cz0v 
  • bX-982020
  • dll

langkah awal yang bisa anda coba adalah bersihkan cache dari browser tersebut. Kemungkinan yang terjadi adalah browser yang anda gunakan masih menyimpan cache perubahan yang dilakukan tadi. Jika anda pengguna firefox, dari Menu > Tools > Clear Private Data > Centang Cache, Cookies dan Offline Website Data > kemudian klik Clear Private Data Now. Atau yang lebih bagus adalah menggunakan software CCleaner.

Lalu silahkan lakukan perubahan pada template yang akan digunakan sebelum diupload :
1. Buka file XML (.xml) template yang sudah anda download menggunakan teks editor, seperti Notepad, WordPad, dll.
2. Lalu carilah semua code yang mengandung “b:widget id=” dalam file tersebut, sebagai contoh :

  • b:widget id='Header1'
  • b:widget id='Blog1'
  • b:widget id='Label1'
  • b:widget id='HTML1'
  • dll.

3. Ubah semua angka menjadi angka yang lebih besar dari sebelumnya, atau angka lain sesuka hati hati. :) Misalnya, 'Header1' ke 'Header2', 'HTML1' ke 'HTML2', 'Label1' ke 'Label2' dan seterusnya. Atau yang lebih tepatnya, ubah angka-angka tersebut menjadi angka-angka yang belum ada pada template sebelumnya. (Biar gak Bentrok)
4. Jika telah diubah semua, simpan file tersebut.
5. Silahkan coba upload kembali template tersebut ke dalam blog Anda.
6. Selesai.

Jika masih terjadi kelasahan serupa, jangan putus asa. Lakukan pembersihan terhadap semua cookies dan temporary files pada browser anda, kemudian restart browser dan ubah lagi angka-angka diatas, kemudian upload lagi.

Semoga Berhasil. Jika berhasil beri kabar yaaa….. :)

Baca juga di : http://pcguru.okihelfiska.net

Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.