Uang Baru Pecahan Rp. 2000

Mulai hari ini, Indonesia secara resmi memiliki Uang Baru Pecahan Rp. 2000. Uang ini memiliki Ciri khas yaitu dengan warna abu-abu dan Pahlawan Nasional Pangeran Antasari. Makanya pada saat diluncurkan juka ikut hadir Gubernur Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Soo… jangan terkejut nantinya ketemu dengan Uang pecahan ini.

Berita yang menguatkan fakta peredaran uang ini diambil berdasarkan Kutipan dari BI : Pejabat sementara (Pjs.) Gubernur Bank Indonesia, Miranda S. Goeltom, didampingi Deputi Gubernur Bank Indonesia bidang pengedaran uang, S. Budi Rochadi, Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Ariffin, dan Gubernur Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang, secara resmi meluncurkan uang kertas baru pecahan Rp2.000 tahun emisi 2009 sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia, pada Kamis, 9 Juli 2009, di Banjarmasin. “Penerbitan uang kertas emisi baru tersebut merupakan implementasi kebijakan Bank Indonesia di bidang pengedaran uang yaitu untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi yang layak edar”, demikian Pjs. Gubernur Bank Indonesia, Miranda S. Goeltom, dalam sambutannya.

Uang pecahan baru ini bergambarkan Pangeran Antasari (Pahlawan Nasional asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan) dan gambar bagian belakang Tarian Adat Dayak.

2000depan

Uang kertas baru pecahan Rp2.000 ini didominasi dengan warna abu-abu dengan memiliki unsur pengaman berupa tanda air bergambar Pangeran Antasari dan benang pengaman yang tertanam di kertas uang dan bertuliskan BI2000 berulang-ulang yang akan memendar merah di bawah sinar ultraviolet. Bagi penderita Tuna Netra, tentu saja sudah disediakan kode tertentu (blind code) di samping kanan bagian muka uang yaitu berupa kotak persegi panjang yang dicetak secara intaglio.

2000blkg

Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.